Perjalanan menuju marathon pertamaku #SCKLM2

Day 5 | 21.April.2017
Rest Day
Istirahat merupakan salah satu bagian dari latihan juga, walau mengesalkan karena kita jadi tidak bisa berlari. Tapi istirahat memainkan peran yang penting dalam program latihan, gunanya untuk memberikan jeda waktu istirahat kepada otot - otot lari yang sering kita gunakan

Istirahat terbagi menjadi 2 yaitu :
Istirahat pasif : tidak melakukan kegiatan olahraga sama sekali
Istirahat aktif : melakukan kegiatan seperti berenang, sepeda, berjalan ringan
Pada kali ini saya memilih untuk melakukan istirahat pasif saja, guna memberikan waktu recovery kepada tubuh saya

Day 6 | 22.April.2017
Fartlek
Fartlek pada kali ini merupakan salah satu jenis latihan lari yang bebas. Bebas dalam artian pace nya ( kecepatan ), biasa di dalam fartlek ada sesi lari lambat, sprint bisa juga dicampur dengan lari di tanjakan. Program kali ini saya Fartlek selama 45 menit, Heart Rate saya menembus sampai angka 191, karena ada sesi sprint di tanjakkan. Bahkan teman saya HR nya loncat sampai angka 195 ! dengan umur yang lebih tua dari saya. Hal ini tentu harus diwaspadai, agar tidak menembus angka 200.

Sesi latihan ini menurutku memuaskan, karena saya mengisi bagian - bagian tertentu dengan tepat, sehingga zona heart rate saya berhasil masuk dari z1 hingga z5. Sesi ini sangat menyenangkan, karena kita bisa memilih mau melakukan sprint sampai berapa jauh, dan rest selama berapa lama. Tapi waspada, tetap jagalah otot anda, janga tiba - tiba sprint di awal. Untuk menghindari hamstring, karena otot anda akan terkejut apabila diawali dengan sprint langsung

Day 7 | 23 April 2017
Longrun
Pagi yang mendung, namun tidak hujan. sehingga suhu udara cukup nyaman untuk melakukan long run selama 75 menit. Banyak teman berkumpul di sesi kali ini, banyak juga wajah baru yang hadir pada hari ini. Ada yang berlari 5km,8km, ada juga yang long run.

Jarak tempuh yang berhasil kucapai selama 75 menit adalah 13 km, kondisi saya bisa dikatakan cukup bagus hari ini. Karena pace, dan heart rate saya cukup stabil. Sesi kali ku akhiri dengan program tempo selama 15 menit, dimana 1 menit saya berlari tempo (sprint), dan 1 menit easy run. Hal ini saya ulangi hingga 15 menit, karena menurut ajarin guru saya (Bachtiar, hehe). ini akan cukup lelah, nah lelahnya ini setara dengan ending pada saat anda melakukan marathon.

Yang menarik dari tempo ini adalah di tengah - tengah sesi saya merasa tertantang untuk melewati orang yang sedang bersepeda. Kupacu kaki ku lebih kencang, dan dalam sekejap saya melesat. alhasil bukan hanya sepeda yang kulewati, becak bermotor pun berhasil kusalip, haha. Lelah, namun menyenangkan.

Day 8 | 24 April 2017
Conditioning
Nah hari ini harusnya cross training, namun karena hari ini libur. Kami harus menenmani anggota komunitas untuk lari, mengingat saya ada janji dengan guru saya lari pad jam 2 siang, maka saya memutuskan untuk menjadi sweeper kali ini.Rupanya ketua kita, Pak alwi juga memutuskan menjadi sweeper kali ini, dan ada ko harry sepanjang 3km kami jalan santai untuk menjaga anggota yang paling belakang Lucunya di pertengahan km ke 3, ada 1 anggota yang mengejar kami dengan ngos - ngosan karena terlambat, haha. akhirnya kami ber 4 menempuh 5km selama kurang lebih 1 jam.

Jam 2 siang, saya tiba di lapangan benteng untuk lari bareng guru saya. Apa yang ada di pikiran saya adalah Persiapkan yang terburuk, dalam menghadapi sesuatu. Saya tahu panasnya pagi hari pada lomba tidak mungkin akan setara dengan panas di siang hari, namun saya selalu mempersiapkan diri saya semaksimal mungkin. Guru saya berkata, kamu luar biasa. Biasanya jarang - jarang ada orang mau lari jam segini, takut hitam, takut apalah haha. 1 hal yang dia katakan, dengan latihan sekeras - kerasnya berarti kita sudah membayar hutang kita duluan. Bedakanlah dengan orang yang kurang persiapannya dalam suatu event, mereka membayar hutangnya di hari tersebut.

Sesi lari siang ini kami lakukan sejauh 5km, dan ilmu yang didapat juga sangat banyak. saya menyenangi kegiatan ini karena bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi dari orang yang sudah berpengalaman. Sungguh pengalaman tak terlupakan, dan sesi latihan seperti akan saya ulangi lagi.

Day 9 | 25 April 2017
Recovery
Hari ini merupakan sesi aktif recovery, dimana berlari selama 45 menit, dalam z2. Jarak yang berhasil kutempuh adalah sejauh 7.61 km. Sesi kali ini dihadiri oleh 2 orang teman saya, kami melakukan lari ringan pada sesi ini, sempat berhenti di taman ahmad yani, untuk melihat betapa indahnya taman ini dan melakukan selfie disana

Day 10 | 26 April 2017
Interval
Wah sesi latihan kali ini luar biasa capeknya. karena saya harus lari di z4 selama 5 menit dengan pengulangan sebanyak 4 kali. Capek, namun saya berhasil menyelesaikan sesi ini. Saya ingat perkataan teman saya dalam menyelesaikan suatu program interval pentingnya bukanlah pace tercepat, namun apakah kamu mampu menyelesaikan sesi tersebut tanpa ada pengurangan repetisi.

Selama sesi ini saya berpikir mungkin benar juga perkataan teman saya ini, tujuannya mungkin bukanlah pace. namun z4 heart rate yang harus kita pertahankan selama 5 menit tersebut, dan lihatlah pace yang bisa kita dapat tersebut. Karena pace tersebut tergantung pada kondisi kita pada hari itu juga, pace yang kudapat pada hari itu adalah rata - rata 4:4x/km.

Saya sangat senang kali ini, karena banyaknya teman teman yang sudah mulai mengikuti program inteval. Ada beberapa teman yang sudah merasakan manfaat dari program ini, haha

Day 11 | 27 April 2017
30 menit cross 30 menit recovery run
Sesi pertama ku isi dengan sesi latihan core, dan stability. Saya biasa melakukan ini dengan mencontohkan gerakan yang ada di youtube maupun instagram. Kelihatannya gampang, tapi percayalah gerakan gerakan ini juga sangat menguras tenaga, namun hasilnya bisa dirasakan pada saat anda berlari hingga resiko cedera juga lumayan berkurang

sesi kedua 30 menit recovery run
Senangnya luar biasa, karena kawan lari saya 1 ini sudah balik ke lapangan. Pak asan namanya, seminggu dia dirumah untuk jaga anak dirumah, selama istri liburan. Dengan hadirnya ko asan ini juga, memompa daya semangat kawan kawan lari lainnya, karena semangatnya juga tidak kalah dengan kami yang masih muda muda ini. Kami melakukan lari ringan selama 30 menit, sesi tersebut diisi dengan ngobrol ngobrol santai. sungguh momen yang sangat menyenangkan. Glad you are back ko asan, dia kembali dengan semangatnya yang luar biasa.

Day 12 | 28 April 2017
Rest Day
Zzz kupikir bisa tidur lebih lama hari ini, namun saya bangun pada jam 5.30 pagi untuk menulis blog ini hahaha ^^

Komentar