Prinsip hidup bahagia bagi seorang SAM BERNS




Suatu hari saya sedang mencari inspirasi dari youtube, untuk artikel blog saya TurasMilis. Dan saya menemukan sebuah judul vidio yang menarik ' My philosophy for a happy life '. Vidio ini menceritakan tentang seorang pemuda dari USA, Foxboro, Massachussets yang dikenal dengan nama Sam Berns. Sam Berns berusia 17 tahun dan mengidap penyakit Progeria.

Progeria (Hutchinson Gilford Syndrome) adalah penyakit langka yang terjadi karena adanya kelainan genetis progrefis anak-anak usia satu atau dua tahun. Pada umumnya, anak-anak yang terkena progeria terlihat normal saat  lahir. Tahun pertama anak terlihat tanda dan gejala berupa rontoknya rambut. Anak-anak yang pengidap progeria kebanyakan meninggal sekitar umur 13 tahun, yang biasanya disebabkan oleh masalah jantung dan stroke. Namun, beberapa hidup 20 tahun lebih lama. Sebanyak 350 anak-anak di dunia mengidap penyakit ini.

Sekilas kilasan tentang apa itu Progeria. Suatu saat di sesi interview dengan Sam Berns, seorang pewancara bertanya. 'Apa hal yang paling penting perlu diketahui oleh dunia tentangmu?'. 'Saya mempunyai hidup yang sangat bahagia' jawabnya singkat. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi dengan teman-teman prinsip hidup yang bahagia menurut Sam Berns.

Ada 3 prinsip hidup bahagia menurut Sam's :

1. Bersikaplah OK atas hal-hal yang tidak bisa kamu perbuat, karena masih banyak hal yang bisa kamu lakukan.

Jangan fokuskan diri anda pada hal-hal yang membuat anda senantiasa stress atas hal-hal yang gk bisa anda peroleh. Fokuskan diri anda pada hal-hal yang masih bisa anda perbuat, yang bisa membuat anda bahagia. Hidup ini sebuah pilihan, anda boleh memilih untuk memfokuskan diri pada hal yang membuat anda bahagia atau tidak. Tapi Sam's membuat pilihannya untuk memfokuskan diri pada hal yang bisa membuat dia bahagia. Terkadang orang-orang bertanya kepada Sam 'Bukankah itu susah hidup dengan penyakit Progeria?' atau 'Apa hambatan yang menghalangi aktivitasmu sehari-hari?'. Sam menjawab 'Walaupun saya mempunyai penyakit ini, tapi kebanyakan waktu saya. Saya habiskan untuk memikirkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan Progeria sama sekali'. Hal ini tidak berarti dia mengabaikan hal-hal yang negatif yang menghambat dia. 'Saya tahu saya tidak bisa lari untuk jarak yang jauh, ataupun naik rollercoaster. Tapi saya lebih memilih untuk fokus atas hal-hal yang saya senangi seperti musik, membaca buku komik, ataupun menonton program acara olahraga dimana team kota saya sedang bermain.' 

2. Kelilingi diri anda dengan orang yang anda inginkan. 

Dalam point ini, Sam dikelilingi oleh anggota keluarga yang menyanyangi dia dan mendukung dia. Dan menurut Sam dia sangat beruntung mempunyai beberapa teman baik, yang saling mendukung saat salah satu diantara mereka sedang mengalami depresi, saling membantu satu sama lain, dan menyanyangi satu sama lain karena kepribadian mereka. Dia merasa, dia berada dalam tingkat maksimal dia ketika dia dikelilingi oleh mereka. Karena mereka terus memberikan masukan-masukan yang positif bagi Sam's. Pesan Sam, sayangilah keluarga kalian, dan teman-teman kalian.

3. Teruslah menatap kedepan

Teruslah menatap kedepan, hal-hal yang ingin anda lakukan di esok harinya. Yang memberikan anda harapan untuk hidup keesokan harinya. Contohnya Sam selalu menantikan edisi komik baru yang akan muncul berikutna, trip jalan-jalan bersama keluarga, dan keluar bersama teman akrabnya. Hal ini membuat Sam untuk terus fokus dan tahu bahwa masih ada masa depan yang cerah keesokan harinya, yang membuat dia melewati hari sulit yang kadang menimpanya. 

Kesimpulannya, Sam tidak membuang-buang energi untuk fokus kepada hal yang akan membuat dia tidak bahagia atas dirinya karena hal itu akan membuatnya terperangkap dalam kondisi tersebut terus menerus, dan membuatnya depresi. Hal ini bukan berarti mengabaikannya tetapi mengakuinya, menerimanya, dan lakukan hal yang sebisa mungkin Sam lakukan untuk melewatinya.

Semoga artikel kali ini bisa membantu anda, dalam memulai hidup yang bahagia. Dibawah ini akan saya bagikan Youtube link tentang Sam Berns. 4 bulan setelah acara ini, Sam meninggal dunia. Tuhan mempunyai rencana bagi kita semua, termasuk Sam. Dia telah menginspirasi saya untuk tetap hidup bahagia. CHEERS :D #TurasMilis #Obrigado
Follow Instagram : Juenot

In memoriam of SAM BERNS

https://www.youtube.com/watch?v=36m1o-tM05g

PROGERIA FOUNDATION ( Non Profit Organization )

http://www.progeriaresearch.org/research_funding_opportunities.html

Facebook Progeria Research Foundation

https://www.facebook.com/ProgeriaResearch



Komentar

  1. Jangan lupa senantiasa bersyukur. Selalu ada hal yang bisa disyukuri walau apa masalah atau keadaannya.... Jiayou :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur juga merupakan salah satu kunci kebahagiaan :D

      Hapus

Posting Komentar