Comfort Zone

Mayoritas dari kita pasti pernah membaca ribuan artikel tentang 'Zona Nyaman'. Dan jutaan nasehat - nasehat untuk meninggalkan zona tersebut. Tapi sebenarnya apa sih zona nyaman tersebut? dan kenapa kita harus meninggalkan zona nyaman tersebut.

Zona nyaman itu ibarat 'katak dalam tempurung' apa yang kita tahu dan kita alami itu - itu aja. Pada akhirnya yang kita dapat ya itu - itu juga. Zona nyaman adalah situasi dimana kamu merasa benar - benar nyaman, kamu gak mau mencoba hal - hal baru atau mengambil resiko besar. Jadi ketika satu kesempatan datang, kamu tidak mengambilnya dengan alasan kamu sudah mapan, enak, nyaman, serta banyak alasan - alasan lainnya.

Apa akibatnya bila kita tidak mau meninggalkan zona nyaman tersebut?
1. Zona Nyaman menutup kesempatanmu untuk tumbuh dan berkembang.
Saat berada di zona nyaman, normal apabila kamu merasa puas dengan keadaaanmu. Namun, selama manusia masih menghembuskan nafasnya, perubahan itu akan selalu ada. Saat kamu ingin berkembang awalnya pasti kamu akan merasa tidak nyaman, tetapi perkembangan itu akan membawa anda ke level selanjutnya.

2. Kamu akan dilanda kebosanan akut dan ketidakpuasaan hidup.
Apabila anda hidup di dalam zona nyaman anda, maka anda akan mengulangi aktivitas yang sama setiap harinya yang dimana akhirnya anda akan mulai merasa bosan. RUTINITAS, hal inilah yang kebanyakan membunuh anda. Anda akan mulai merasa bosan, dan merasa tidak puas terhadap hidup anda, karena proses pengulangan yang berkali - kali.

3. Kamu kehilangan arah, dan Bingung dengan tujuan hidupmu.
Berada dalam zona nyaman, secara tidak langsung membuat anda kehilangan arah dan tujuan hidup. Kamu tidak lagi memiliki semangat atau motivasi untuk memulai harimu. Kamu tidak bisa lagi menikmati hal - hal yang tidak terprediksi, kamu juga bingung dengan tujuan hidup anda. Karena di dalam zona nyaman, berarti anda mengalami rutinitas yang sama setiap harinya.

4. Kamu akan kehilangan banyak kesempatan.
Orang sukses dapat mencapai kesuksesan karena mereka senantiasa mencari - cari peluang - peluang baru di sekitar mereka. Sedangkan orang yang berkutat di zona nyaman mereka, senantiasa mengatakan tidak terhadap peluang yang ada.

Ingat, meninggalkan zona nyaman belum tentu artinya menyuruh anda meninggalkan pekerjaan yang anda kerjakan saat ini. Tetapi bisa juga mencoba hal - hal baru seperti mencoba tugas baru yang diserahi dari bos kepada anda. Lakukanlah hal baru, misalnya sebelumnya anda tidak suka membaca cobalah membaca. Hal -  hal yang baru pastilah akan memberikan pengalaman yang baru.

Artikel kali ini merupakan satu dari jutaan artikel tentang zona nyaman, anda bisa menemukan miliaran alasan yang masuk akal bagi anda untuk meninggalkan zona nyaman anda. Tetapi pada akhirnya, keputusan ada di tangan anda. Seingin apakah anda ingin berkembang? apakah anda puas dengan kehidupan anda yang begini - begini saja? Sudahkah anda menemukan tujuan hidup anda?

Pilihan itu kembali di tangan anda. Asal anda tahu, orang yang sukses tahu apabila dia tidak terus belajar dan berkembang dia akan tertinggal. Belajarlah terus, berkembanglah terus, tidak ada ruginya ini bagi anda.

Komentar