Membuat hidup ini Bermakna

Hidup mencapai kesuksesan itu penting. Yang dimana kita hidup dengan suatu tujuan dan mencapainya. Namun, apabila kita telah mencapai apa yang kita inginkan, apakah artinya kita sudah membuat hidup kita bermakna?

Ketika kita lahir di dunia ini, kita menangis. Dan tangan kita menggenggam dengan erat. Dimana artinya, kita ingin meraih semua apa yang ada di dunia ini. Ambisi kita begitu besar. Ketika kita beranjak di bangku kuliah, banyak sekali impian - impian yang ingin kita capai. Setelah itu, kita tiba di realita dunia. Kadang - kadang apa yang kita harapkan tidak terjadi dengan sesuai yang kita harapkan, kita terjebak dalam rutinitas kerja yang dimana merupakan sumber penghasilan kita. Saya sering menjumpai teman bahkan sahabat saya yang kadang mengeluh tentang bagaimana mereka membenci pekerjaan mereka. Tetapi karena takut akan perubahan yang terjadi apabila mereka mengambil tindakan, mereka tetap terjebak di dalam rutinitas tersebut.

Ketika kita sudah lanjut usia, di saat - saat terakhir dari hidup kita. Tangan kita terbuka dengan lebar, seakan - akan melepas semua beban, harta, kewajiban, dan tanggung jawab dunia ini. Apa yang telah kita capai, raih, dan hasilkan tidak akan kita bawa ke dunia sana. Tetapi, ada hal yang kita tinggalkan. Nama, image, karya itu akan kita tinggalkan.

Bagaimana diri kita di pandangan orang lain. Apabila kita, senantiasa berbuat hal baik maka image kita di mata orang lain adalah baik, dan sebaliknya. Apa pencapaian kita di dunia ini, kelak akan diingat terus oleh sebagian orang. Apakah nama kita akan diingat sebagai orang yang berguna di masyarakat atau tidak? Penting bagi kita untuk membuat hidup kita ini bermakna.

Kebanyakan orang terus terjebak dalam rutinitas atau kesibukan mereka demi mencapai sesuatu. Tetapi mereka lupa tentang membuat hidup ini menjadi lebih bermakna. Apakah mereka menikmatinya? sehingga di masa tua tidak akan ada penyesalan tersisa.

Kesimpulan yang ingin saya sampaikan adalah, penting bagi kita untuk menjadi sukses tetapi apakah anda sudah membuat hidup anda bermakna? Sudahkan anda membuat hidup anda berguna untuk orang lain?

Saya mempunyai prinsip " One day, one good deed / 1 hari 1 kebaikan "

Komentar