Pengangguran? Salah Sendiri atau Salah Pemerintah ?

Belakangan ini jumlah pengangguran meningkat, akibat dari susahnya peluang untuk mendapatkan kesempatan kerja. Baik dari tamatan SMA hingga S1. Lantas apakah ini salah dari program pemerintah karena sedikit sekali lowongan pekerjaan?

Pengangguran adalah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Nah, kalau kita telaah kalimat seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Kata 'Layak" berbeda-beda menurut persepsi masing - masing.

Apabila suatu pekerjaan dianggap tidak layak bagi seseorang maka dia tidak akan menerima pekerjaan tersebut. Tipe pengangguran tersebut tergolong pengangguran "Sukarela". Karena orang tersebut tidak bersedia bekerja pada tingkatan tertentu, baik karena gaji, jenis pekerjaan, waktu, lingkungan pekerjaan dll. Padahal apabila seseorang yang masi muda tanpa pengalaman, bersedia bekerja atas dasar murni ingin mencari ilmu, dan pengalaman maka dia tidak akan kesulitan mencari pekerjaan.

Waktu di usia muda sebaiknya digunakan untuk mencari pengalaman terlebih dahulu. Pas sesi interview jangan terlalu concern tentang gaji, tapi pikirkan apa ilmu yang bisa anda dapat, pengalaman apa yang bisa didapatkan. Anggaplah gaji hanyalah sebagai bonus. Setelah anda mempunyai sarat ilmu dan pengalaman barulah anda bisa bahas tentang tarif gaji anda.

Kemudian, banyaknya komen negatif yang terlihat bagi anak muda pas diajak kerja jadi agent asuransi. Mengapa? karena anda belum mengerti pendapatan asuransi itu apa. Tipe penghasilan dari asuransi tersebut tergolong RESIDUAL INCOME.

Residual income adalah Penghasilan berulang yang diperoleh setelah anda berhasil 
menyelesaikan sebuah tugas. Contoh anda membuat sebuah album lagu atau video setelah 
selesai album ini dibuat maka anda akan mendapatkan royalti 
setiap album anda dibeli orang lain. Keunggulannya adalah penghasilan anda tidak terbatas 
dengan waktu sehingga anda punya kebebasan waktu.

Jadi sambil anda nganggur, kenapa tidak ambil kesempatan sambilan kerja asuransi? Asuransi itu tujuannya baik, melindungi tabungan anda ketika anda mengalami musibah. Jangan ikutan orang yang sudah terlanjur salah kaprah tentang asuransi.

Atau cara lain selain anda mencari lapangan pekerjaan adalah kenapa anda tidak mencoba menciptakan lapangan pekerjaan? Cobalah untuk berwirasuaha, jangan takut untuk mencoba. Tidak ada gagal di dunia ini bagi anda yang ingin sukses. Yang ada namanya FEEDBACK dimana artinya ada cara anda yang salah sehingga anda tidak berhasil mendapatkan apa yang anda inginkan.

Saat ini anda mempunyai kesempatan yang sama dengan orang-orang yang telah berhasil menciptakan kerajaan bisnisnya, mengejar impiannya, dan menciptakan lapangan pekerjaan. Ambilah kesempatan anda. Dan Segera putuskanlah masihkah anda mau menganggur? 

Turasmilis.blogspot.com
Juenot

Komentar