Kisah Dalam Setahun

Wah, sungguh tidak terasa sudah lewat 1 tahun 3 hari tidak menulis blog (Haha). Hari ini 29 Maret 2017, entah kenapa saya pingin menulis blog saya ini lagi. Well, dalam 1 tahun ini banyak hal yang terjadi. Mulai dari hal - hal yang buruk hingga hal - hal yang baik, yah namanya kehidupan. Kehidupan itu selalu berputar, sebisa mungkin kita nikmatin aja. Pada artikel kali ini akan saya bagikan apa saja yang sudah saya alami dalam setahun ini.

1. Lari
Mulai dari bulan juni 2016, saya mulai menggemari olahraga ini. Pada awalnya saya memulai olahraga ini setelah saya vakum dari fitness, sehingga saya mencari olahraga lain yang bisa saya tekuni supaya tetap sehat. Seiring berjalannya waktu, saya makin menyukai olahraga ini. Ada beberapa inti pelajaran (pengembangan diri) dari olahraga ini yang telah saya rasakan, dan saya bagikan:

  • Beat Yourself : Ketika saya berlari, saya terus mendorong diri saya untuk memberikan yang terbaik, lari lebih jauh, dan mengalahkan diri saya. Sering saya dapati dalam pikiran saya, ketika saya berlari terdapat suara dalam pikiran saya yang menyuruh saya untuk berhenti, beristirahat. Namun saya memilih untuk mengacuhkan suara tersebut, dan mengalahkan suara tersebut sebelum target saya tercapai. Karena dengan begini saya membiasakan diri saya untuk tidak menyerah dengan gampangnya, ketika keadaan sedang susah. Dan saya menyukai hari dimana saya bisa menjadi lebih baik dari pribadi saya yang semalam
  • Menata Masa Depan : Saya mulai memasang target untuk mengikuti beberapa ajang perlombaan lari mulai dari kategori 5km, 10km, 21km ( Half Marathon ), hingga 42km ( Full Marathon ). Tentu hal ini belum perkara gampang untuk finish strong dalam ajang perlombaan ini. Jadi contohnya cara menata masa depan tuh begini ; Saya pasang target pada ajang perlombaan Standard Chartered Kuala Lumpur Marathon 25 May 2017 kategori Full Marathon ( Target di masa depan sudah ditentukan ) ! > Menata masa depan dilakukan dengan cara menata tindakan kita di hari ini, sekarang < Hal - hal yang saya lakukan adalah saya mulai melakukan program latihan, pola makan mulai saya jaga kurangin junk food, minuman kaleng, makan diatas jam 8 malam, menjaga kondisi fisik agar tetap bugar, dan tentu saja berdoa. Mindset saya adalah : dengan berupaya sekeras kerasnya, berarti kita sudah mempunyai persiapan yang matang. Dimana hasil akhir ditentukan dari 50% persiapan, 49% upaya, 1% Doa
  • Networking : Rupanya ketika saya menekuni olahraga ini, saya mendapati di kota saya medan sudah ada beberapa komunitas lari. Sehingga lingkaran komunitas saya menjadi lebih semakin besar dalam 1 tahun terakhir ini. Menjumpai orang baru, mendapatkan peluang baru, dan bisa mendengarkan dan belajar dari kisah - kisah teman serta sahabat - sahabat saya yang baru ini. 1 hal yang bisa katakan tentang teman serta sahabat saya ini adalah Luar Biasa!
2. Business Plan
Sulit tapi bukan mustahiil, untuk menemukan suatu bidang bisnis yang akan saya mulai. Hal ini terus saya pelajari bisnis apa yang harus saya lakukan. Saya mulai berpikir dan menyaring lebih selektif lagi bisnis apa yang harus dilakukan. Prinsip paling utama dalam memulai suatu bisnis adalah Do For the benefit of Mankinds. Lakukan hal ini, maka sisanya kekayaan dan kemasyuhran akan datang dengan sendirinya.

3. Membaca 
Saya masih meneruskan kegiatan membaca di sela -sela waktu saya. Sungguh aneh, mendapati sebagian besar orang mengatakan malas untuk membaca, padahal benefit yang didapatkan sungguh banyak. Beberapa buku menarik yang telah saya baca : Sang Alkemis ( Paul Coelho ), dan Who Moved My Cheese. Buku yang masih membuat saya penasaran karena masih belum mendapatkannya adalah buku Blink! (Malcolm Gladwell)

4. Determinasi, Fokus, dan Perfect Effort
Apabila kita menerapkan ketiga prinsip diatas dalam melakukan sesuatu, hasil yang akan kita terima sungguh besar dan luar biasa. Saya sudah mencoba menerapkan hal ini sekali, dan hasilnya sungguh luar biasa. Determinasi (Tentukan Target) > Fokus ( Fokuslah dalam hal anda kerjakan, pada saat itu. Atur waktumu, know when to play and work)> Perfect Effort (Berikan upaya 110%, ketika sedang mengerjakan sesuatu)

5. Rajinkan Diri
Rajinkanlah diri anda, maka hasil yang akan anda terima akan lebih baik. Daripada bermalas - malasan dan tidak memberikan dampak yang positif baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Lebih baik mengerjakan sesuatu entah itu hal kecil maupun besar.  Saya percaya, Tuhan lebih menyanyangi orang yang lebih rajin. Karena untuk memperoleh suatu hasil kita harus berupaya terlebih dahulu. 

6. Reach Out For others
Saya mempunyai suatu keinginan kecil, saya ingin membuat dunia ini lebih baik walau sedikit hal yang bisa saya lakukan. Entah pada hari ini saya melakukan suatu kebaikan kecil, saya ingin menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain bahwa masih ada suatu harapan pada dunia ini. Dunia ini masih berisi orang - orang baik, Seandainya setiap orang melakukan 1 hal tindakan kecil yang baik, dunia ini akan menjadi lebih baik.

Masih banyak hal yang saya alamin dalam setahun ini, namun yang paling berkesan dan masih saya ingat yah.. poin poin hal diatas yang saya bagikan. Semoga hal ini bermanfaat dan menginspirasi anda yang membaca artikel saya. Thanks For Reading

#TurasMilis 

Komentar