Perjalanan menuju marathon pertamaku #SCKLM2017 Part 3

Latihan Long Run terakhir yaitu Tapering 😁. Tapering adalah penurunan total km dalam beberapa minggu terakhir, dalam hal ini saya melakukannya menjadi 3 minggu. Dengan jarak 32km - 21km - 15km , latihan ini saya lakukan dengan target marathon pace saya. Serta pengkondisian suasana race, dimana hal detail seperti minum air, makan gu gel pun dilakukan dalam keadaan berlari terus menerus.

Tujuan tapering, penurunan km dilakukan secara berkala supaya kondisi tubuh dan otot kaki tetap terjaga. Hal ini penting, supaya otot juga tidak begitu terbebani/cedera menjelang race.

Minggu terakhir sebaiknya dilakukan short run dengan marathon pace/easy pace, tanpa perlu melakukan interval run. Tapi dalam minggu terakhir saya, melakukan tempo run selama 5 menit dalam short run terakhir saya. Karena saya memperkirakan akan melakukan sprint menjelang km2 terakhir.

Komentar