Behind the scene Maybank Marathon Bali 2019 / MMB 2019


English Version
The purpose of me to write this story is to inspire others. I hope that maybe you can learn something from this.
Maybank Marathon 2019, is my 3rd Full Marathon category. Well for me the third time is the charm, because I manage to achieve Sub-4 for Marathon. It’s not an easy road, my packs witness in the firsthand. How much I strive for this, my commitment. Others may see the success, but real work is behind the scene. God gives you the things that you do, not you want!
#Gabolehmales
This time I work on 18 weeks training program, it’s different from method that I’ve used before. I use the method created by Arthur Lydiard. It works for me, and others I coach (few are going to run in Kuala Lumpur Standard Chartered Marathon by the end of September). Most of the time I run slow, and I run 7 times a week. Also all the Gym workout that I do every week, thank you for keeping my legs strong for 26.2 miles.
18 weeks is a long journey, it’s not only about running. But the process within, the struggle in it. It’s more about mental game, how to be focus for this long, to be consistent every single day, the early sleep, the 5am alarm call in the morning. Some days it’s hard to wake up in the early morning, legs are heavier or other things. But mostly I overcome it, whenever I face on this situation I always think of my goal that I aim. And I always think of my idol like Cristiano Ronaldo, and Stephen Curry how they can maintain their best performance most of the time. When I feel tired / lazy in training, I asked myself, do they give themselves a discount? Nope, they always finish their training. That’s how I overcome it, because I want that goal so badly.
I also ask/searching for tips how to get in good shape before the marathon. My friend (Yehezkielesar) give me some tips that before the game, it’s better not to eat spicy food, red color meat, coconut milk, and junk food. Maintaining this diet is harder than the training I’ve done. Because I need to keep this diet until the race begin. Can you imagine, In Bali H-3 I can only eat chicken while I see my friends eating pork, beef, and spicy things. Bali food is famous for pork and spicy one. But I keep my head focus in the game, just be patient for another 3 days, I have endured the training program for 18 weeks. Why I can’t be patient for another 3 days? If it’s not effective, I’ve got nothing to lose also. If it’s works then, voila! Athlete also maintaining their diet to be on the top performance
Mentality
It’s more about keeping your head straight in the game, focusing on the goal all the time, and trusting yourself. Like other people, I can also be nervous when the day awaited is near. Luckily, I have friends to laugh, and calm each other. I remember in the plane, I got nervous a bit thinking about the negative things. But I close my eyes, and pray to God. The nervous didn’t go away directly, because it is more than 2 hour flight I choose to watch movie. I don’t know how I can watch Avengers End Game, but Captain America Speech “This is the fight of our lives”. It touch me, and give me strength. This is my marathon trip, no mistakes, no do overs, this is the run of my lives, and I am going to win. Even in the last week I do visualization to help me. I like to tell you guys, In my prayer and visualization I ask for God to help to get sub 4 by 3.50. It’s up to you guys either you want to believe it or not. What I want to say Visualization help me to achieve my goal, even Mo Farah also do this before the race. It helps me to calm my nervous a little bit.
Why
Why I put so much effort in this? I know this is a hobby but I am obsessed with this, and I am passionate about this. I do love this sport. Because Marathon is not easy, and it is not just about running. The mental game is tough. I like to use this as my reflection to myself if I can overcome/ conquer this, then I can overcome any other things in the world. It build my character, mentality, and mindset. When you hit The Wall, how do you react? Like I said Hard Work Always Pays Off, God gives you the things that you do, not you want.

So After this what's next? This is not beginning of the end, but this is end of beginning 
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bahasa


Tujuan saya untuk menulis cerita ini adalah untuk menginspirasi orang lain. Saya harap mungkin Anda bisa belajar sesuatu dari ini.
Maybank Marathon 2019, adalah kategori Full Marathon ke-3 saya. Bagi saya yang ketiga adalah yang berkesan, karena saya berhasil mencapai Sub-4 untuk Marathon. Ini bukan jalan yang mudah, teman - teman saya menyaksikan secara langsung. Betapa saya berusaha keras untuk ini, komitmen saya. Orang lain mungkin melihat keberhasilan, tetapi kerja kerasnya ada di belakang layar. Tuhan memberi Anda hal-hal yang Anda lakukan, bukan yang Anda inginkan!
#Gabolehmales
Kali ini saya menyusun program lari selama 18 minggu, ini berbeda dari metode yang pernah saya gunakan sebelumnya. Saya menggunakan metode yang dibuat oleh Arthur Lydiard. Ini efektif untuk saya, dan yang lainnya (beberapa akan berjalan di Kuala Lumpur Standard Chartered Marathon pada akhir September). Sebagian besar saya berlari lambat, dan saya berlari 7 kali seminggu. Juga semua latihan Gym yang saya lakukan setiap minggu, terima kasih telah menjaga kaki saya kuat sepanjang 42.2 kilometer.
18 minggu adalah perjalanan yang panjang, ini bukan hanya tentang berlari. Tapi proses di dalam, perjuangan di dalamnya. Ini lebih tentang permainan mental, bagaimana menjaga fokus selama ini, konsisten setiap hari, tidur lebih awal, bangun jam 5 pagi setiap hari. Terkadang sulit untuk bangun di pagi hari, kaki lebih berat atau hal lainnya. Tetapi sebagian besar saya berhasil mengatasinya, setiap kali saya menghadapi situasi ini saya selalu memikirkan tujuan yang ingin saya tuju. Dan saya selalu mencontohkan idola saya seperti Cristiano Ronaldo, dan Stephen Curry bagaimana mereka dapat mempertahankan performa terbaik mereka hampir sepanjang waktu. Ketika saya merasa lelah / malas dalam latihan, saya bertanya pada diri sendiri, apakah mereka (Cristiano / Curry) memberikan diskon kepada diri mereka sendiri? Tidak, mereka selalu menyelesaikan pelatihan mereka. Itulah cara saya mengatasinya, karena saya sangat menginginkan tujuan itu.
Saya juga bertanya / mencari tips bagaimana dapat mempertahankan kondisi yang baik sebelum maraton. Teman saya (Yehezkielesar) memberi saya beberapa tips bahwa sebelum pertandingan, lebih baik tidak mengkonsumsi makanan pedas, daging warna merah, santan, dan junk food. Mempertahankan diet ini lebih sulit daripada pelatihan yang telah saya lakukan. Karena saya perlu menjalankan diet ini sampai lomba dimulai. Bisakah Anda bayangkan, Di Bali H-3 saya hanya bisa makan ayam sementara saya melihat teman-teman saya makan daging babi, sapi, dan hal-hal pedas. Makanan Bali terkenal dengan daging babi dan pedas. Tapi saya tetap fokus dengan tujuan yang ingin saya capai, bersabarlah selama 3 hari, saya telah menjalani program pelatihan selama 18 minggu. Mengapa saya tidak bisa bersabar selama 3 hari lagi? Jika tidak efektif, saya juga tidak akan rugi. Jika berhasil, voila! Atlet - Atlet juga melakukan diet mereka untuk mempertahankan performa mereka
Mentality
Ini lebih tentang menjaga pikiran Anda tetap fokus dalam latihan, fokus pada tujuan sepanjang waktu, dan memercayai diri sendiri. Seperti orang lain, saya juga bisa gugup ketika hari yang ditunggu sudah semakin dekat. Untungnya, saya punya teman untuk tertawa, dan saling menenangkan. Saya ingat di pesawat, saya sedikit gugup memikirkan hal-hal negatif. Tetapi saya menutup mata, dan berdoa kepada Tuhan. Kegugupan itu tidak langsung hilang begitu saja, karena penerbangan saya lebih dari 2 jam saya memilih untuk menonton film. Saya tidak tahu asalan saya bisa memilih untuk menonton Avengers :  End Game, tetapi Pidato Kapten Amerika "This the Fight of our lives". Itu menyentuh saya, dan memberi saya kekuatan. Ini adalah perjalanan maraton saya, tidak boleh ada kesalahan, tidak ada pengulangan, ini adalah perjalanan marathon saya, dan saya akan menang. Bahkan pada minggu terakhir saya melakukan visualisasi untuk menenangkan pikiran saya. Saya ingin memberi tahu kalian, Dalam doa dan visualisasi saya, saya meminta Tuhan untuk membantu mendapatkan sub 4 dengan 3,50. Terserah kalian baik mau percaya atau tidak. Apa yang ingin saya katakan Visualisasi membantu saya mencapai tujuan saya, bahkan Mo Farah juga melakukan ini sebelum lomba. Ini membantu saya untuk menghilangkan sedikit kegugupan saya.
Alasan
Mengapa saya berusaha begitu keras dalam hal ini? Saya tahu ini adalah hobi, tetapi saya terobsesi dengan ini, dan saya bersemangat tentang ini. Saya suka olahraga ini. Karena Marathon tidak mudah, dan ini bukan hanya tentang berlari. Permainan mental di dalamnya itu sulit. Saya suka menggunakan ini sebagai refleksi saya untuk diri saya sendiri jika saya dapat mengatasi / menaklukkan ini, maka saya dapat mengatasi hal-hal lain di dunia. Itu membangun karakter, mental, dan pola pikir saya. Ketika Anda sudah mencapai ambang batas anda, bagaimana reaksi Anda? Seperti yang saya katakan Kerja Keras Selalu Terbayar, Tuhan memberi Anda hal-hal yang Anda lakukan, bukan yang Anda inginkan.

Ini bukanlah awal dari akhir, namun ini adalah akhir dari awal
#CeritaLari


Thanks to

God Almighty
Irun Medan
Captain Irun Medan
iMin
Irun Surabaya
Captain Irun Surabaya (Ko Erick sunur, thanks for the gel tips)
Om Gunadi (Cramp Fix tips)
Yehezkielesar (Diet tips)
M Syahrul Pocari Pacer (Hills Tips)
Kak Steffi Audynia, Ci Polni Lim (Temen seperjuangan sub 4, yang baru kenal di tengah2 race)
Training Buddies
MP Runners
Sunday Long Run
Amoz water
MWRD
#Gabolehmales
Para Pelaku Olahraga di Merdeka Walk, baik yang berjalan sederet maupun tidak
And others that I can’t mention 1 by 1

Juenot 
#MMB2019

Komentar